a

a

pengertian,fungsi dan cara install APACHE2

Assallam'muallaikum WR.WB




masih bertemu dengan saya lagi dalam blog yg satu ini.... nah kali ini saya akan memposting tentang apa itu APACHE2 dan bagaimana cara menginstall nya

  untuk lebih jelasnya silahkan anda baca sendiri...???

APACHE2

    
  Apache merupakan server WEB yg dapat di jalankan yg dapat di jalankan oleh sistem operasi yg berbeda contohnya saja linux dan windows yg bertugas untuk melayani fasilitas WEB dengan menggunakan protocol http.

nah dalam definisi di atas ada kata" protocol http agar lebih jelasnya saya akan menjelaskan satu persatu tentang apa itu protocol http.

Protocol 

         dalam ilmu komputer berarti seperangkat peraturan atau prosedur untuk mengirimkan data antara perangkat elektronik (mis. komputer)
Agar komputer satu dan komputer lain dapat mempertukarkan informasi, harus sudah ada persetujuan sebelumnya antarperangkat bagaimana struktur informasi dipertukarkan (dikirim dan diterima).
Protokol penting karena tanpa protokol, sebuah komputer yang sedang mengirimkan data bisa jadi mengirimkan data tersebut dalam paket 8-bit sementara komputer yang menerimanya mengharapkan paket 16-bit.Protokol-protokol diciptakan dan disepakati secara internasional oleh organisasi-organisasi industri di dalamnya.  Salah satu protokol yang paling terkenal adalah OSI (Open Systems Interconnection), dalam bahasa Indonesia interkoneksi sistem terbuka. Di mana OSI adalah seperangkat paduan untuk mengimplementasikan komunikasi jaringan antar komputer.Protokol-protokol internet yang paling penting di antaranya adalah TCP/IP, HTTP, dan FTP.
Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak, atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.

http

adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.

nah lanjut lagi ke pokok pembahasan..???

apache sendiri bersifat open sourse, yg artinya dapat digunakan secara bebas oleh semua pengguna. apache di kenal karena memiliki fitur-fitur yg canggih seperti penanganan pesan kesalahan yg dapat di konfigurasi secara otentik berbasis basis data dan memiliki tampilan GUI yg memungkinkan penanganan server menjadi mudah..

CARA KERJA

WEB server apache akan bekerja saat pengguna mengetikan request pada protocol http:// untuk membuka suatu halaman . apache akan menjawab request yg ditanyakan dan kemudian akan menapilkan halaman yg di minta

CARA INSTALASI 

  instalasi apache2 sangatlah tergolong mudah karena kita hanya disuruh untuk memberikan perintah ke ssh server dengan kode " apt-get install apache2 " 


- setelah instalasi selesai maka kita tinggal mengeceknya saja di brrouser 
  ketikkan saja ip yg kita gunakan untuk server kita..


- tampilan akan seperti ini


 " mungkin itu saja yg bisa saya sampaikan kutrang lebih nya saya mohon maaf "

No comments

Theme images by suprun. Powered by Blogger.