a

a

Backup and restore database on slims 8 akasia

Assallamualaikum WR.WB




Masih bertemu dengan saya lagi dody_sibancet dalam blognya yg mungkin masih terdapa banyak sekali kekurangan baik itu dalam penulisan maupun tuturkata yg kurang sopan......Nah kali ini saya akan membagikan ilmu mengenai cara menyelamatkan data slims yg sudah ada dengan cara restore dan backup yg mungkin kalian belum banyak mengetahui hal ini.??Baik lah untuk mempersingkat waktu sebaiknya langsung saja kita mulai..???





PENGERTIAN

 Dalam arti tradisional, perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, serta dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.

     Tetapi, dengan koleksi dan penemuan media baru selain buku untuk menyimpan informasi, banyak perpustakaan kini juga merupakan tempat penyimpanan dan/atau akses ke map, cetak atau hasil seni lainnya, mikrofilm, mikrofiche, tape audio, CD, LP, tape video dan DVD. Selain itu, perpustakaan juga menyediakan fasilitas umum untuk mengakses gudang data CD-ROM dan internet.

     Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia.




LATAR BELAKANG

Karena masih banyak dari kita yg belum mengetahui fungsi dari backup dan recoufery data yg membuat banyak dari kita kehilangan data penting terutama untuk slims 8 yg menggunakan data base sebagai acuan utama untuk meyimpan data" ....








 MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan saya membagikan ilmu ini karena saya yakin bahwa banyak di antara kita yg masuh melakukan cara manual untuk membuat suatu hal yg sama lagi yaitu dengan cara membuat lagi dari awal slims nya...dengan cara membackup lalu merestore kita tidak perlu lagi mengupload buku  kita hanya perlu menginstall slims8 akasian nya saja lalu kita restore ke alam slims8 akasia nya




ALAT DAN BAHAN


- Laptop
- Terhubung dengan server ( tergantung kita membuatnya di mana )
- Slims 8 akasia yg sudah di install pada server
- brainware yg sudah membaca artikel tentang slims ( situs resminya )




JANGKA WAKTU PELAKSANAAN


 sebenarnya proses ini tidak memerlukan waktu yg lama karena ini menyangkut pemahaman kita mengenai konsep dari data tersebut...tapi saya biasanya hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit tergantung dari besarnya file yg akan kita backup nantinya.???




TAHAP PELAKSANAAN

- Tahap yg pertama adalah dengan masuk ke system data base kita yaitu phpmyadmin ---> lalu masuk sebagai admin dari data base nya..??

- Setelah itu kita pilih data base mana yg digunakan untuk menyimpan slims 8 akasia yg waktu itu kita install...


- Kemudian kita " export " file slims 8 aksian yg kita buat...


- Lalu kita isikan nama dari data base yg akan kita export nantinya.???-->kemudian klok go...


- Setelah itu maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.?? kita pilih save file ---> lalu OK


- Nah kemudian kita bisa melihat file nya yg sudah jadi dengan ektensi ( .sql ) artinya dia hanya mecopy file nya buakan direcktorynya.???







Lalu jika sudah seperti ini bagaimana cara me restore file yg tadi.????

Begini caranya.??

- Tahap yg pertama adalah masuk ke system data base mu
 

- Setelah itu silahkan kamu buat data base baru dengan menekan NEW --> create data base...???

  kenapa kita harus membuat data base baru ..?? karena file yg tadi kita backup tadi belum mempunyai wadah jadi sebelum me restorenya kita terlebih dahulu menyiapkan wadahya


- Setelah kita membuat data base nya ----> kita masuk ke dalamnya


- Kemudian silahkan anda pilih " inport "


 - Setelah itu kita pilih file mana yg akan kita restore dengan menekan tombol pencarian / brouser.???


- Pilih file sesuai yg kalian inginkan.??


- Selanjutnya kita lihat ekstensinya.?? jika sudah benar maka klik saja ---> GO


  - Maka secara otomatis proses akan berjalan dengan sendirinya.???
    dan jika sudah ada peringatan seperti pada gambar di bawah ini maka itu arti nya proses berjalan dengan lancar.??

- Maka selanjutnya bisa anda lihat sendiri hasilnya.??





 KESIMPULAN


 " jadi kesimpulannya adalah setiap hal yg kita lakukan pada dunia tecnology maka kita wajip harus mempunyai salinannya dikarenakan di dalam dunia tecnology bisa saja secara tiba" file tersebut terhapus .."










 

No comments

Theme images by suprun. Powered by Blogger.