a

a

Membuat 1 user dapat digunakan banyak client ( Shared User )

Assalamualaikum Wr.Wb


Masih bertemu dengan saya lagi Dody_Sibancet dalam blognya yg mungkin banyak sekali kekurangan baik itu dalam penulisan maupun tuturkata yg kurang sopan ??? Nah kali ini saya akan membahas mengenai bagai mana caranya membuat 1 user pada hostpot mikritik dapat digunakan oleh lebih dari 1 client ( Shared User ) Baik lah untuk mempersingkat waktu langsung saja kita mulai pengerja'annya..???

Mikrotik merupakan salah satu vendor perangkat jaringan yg sudah di akui dunia. saat ini banyak sekali perngkat Mikrotik yg digunakan baik dalam sekala kecil,menegah maupun besar. Keunggulan perangkat ini karena perangkat ini memiliki fitur yg sangat lengkap dan lebih mudah dibandingkan peragkat lainnya :)

Salah satu kemampuan mikrotik adalah wirelles Router Mikrotik adalah membuat shared user ( user yg dapat digunakan oleh lebih dari 1 MAC address ) hotspot untuk para usernya. Tentu saja kemampuan ini hanya dimiliki seri router mikrotik yang mendukung hotspot,

Sebenarnya penggunaan shared user ini dimaksudkan agar satu profile user bisa digunakan secara bersama-sama oleh beberapa user sekaligus. Dengan demikian, setiap user yang ingin terhubung hanya perlu memiliki satu username dan password untuk dipakai bersama-sama.

Akan tetapi, dengan cara shared user hotspot ini, tentu saja ada kekurangannya. Yaitu, misalkan hot spot tersebut digunakan oleh 10 orang bersamaan, maka bandwithnya juga akan dipakai oleh sepuluh orang tersebut, bisa saja user yang login terakhir susah untuk mendapatkan koneksi internet karena bandwithnya sudah dihabiskan 9 user lainnya.

Sadis Bukan:) HEHEHEHE

Kemudahan yang ditawarkan lebih pada administrator yang  cukup menyiapkan satu user profile untuk dipakai bersamaan, mirip seperti wifi gratisan yang tersedia di kelas-kelas , siswa hanya perlu nanya sama temennya yg buat username dan password hotspotnya.

Untuk membuat shared user hotspot pada mikrotik ini, asumsi saya bahwa router mikrotik sudah terhubung dengan koneksi internet, baik dengan modem gsm/adsl, serta hotspot sudah siap digunakan, kita tinggal melakukan setting sharing user.

Tahap yg pertama Adalah masuk IP-Hostpot


Kemudian Pilih User Profiles kemudian buat user profiles baru +


Setelah itu isikan " name = terserah Anda "                         
                             " Addrress Pool = Dhcp_yg kita buat ke hostpot "
                             " Shared User = berapa device yg ingin anda koneksikan "



Kemudian setelah itu buat Hostpot User kemudian Profile " yg kita buat Tadi "


Setelah itu lalu disimpan. Untuk percobaan, silahkan gunakan dua laptop atau bisa juga menggunakan 2 buah Hp untuk mencoba penggunaan shared user ini. Aktifkan wifi dan koneksikan dengan SSID hotspot yang berasal dari Wifi router mikrotik diatas.

Kemudian kita akan mendapat notifikasi maupun segera diredirect ke arah halaman login hotspot mikrotik. Masukan username dan password yang kita buat pada masing-masing laptop/ smartphone dan tekan tombol login. Mikrotik kemudian akan merespon dengan memberitahu masing-masing user, bahwa permintaan login sudah diterima, dan setiap user bisa mulai berselancar di dunia maya menggunakan username & password yang sama.

No comments

Theme images by suprun. Powered by Blogger.