a

a

Pendalaman Tentang Jaringan Kabel

Assalamualaikum WR.WB

Masih bertemu dengan saya lagi dody_sibancet Dalam blognya yg mungkin masih terdapat banyak sekali kekurangan baik itu dalam penulisan maupun tuturkata yg kurang sopan... Nah kali ini saya akan berbagi mengenai Jaringan kabel...baiklah untuk mempersingkat waktu langsung saja kita mulai...




Pengertian jaringan kabel


Sesuai dengan namanya, jaringan kabel adalah sebuah sistem jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media utama dalam melakukan transmisi paket data. Koneksi jaringan dengan menggunakan kabel ini bisa diterapkan pada hampir seluruh jenis jaringan, baik dari segi topologi jaringan, maupun jenis – jenis jaringan komputer itu sendiri. Kabel jaringan sudah menjadi salah satu perangkat keras jaringan komputer yang sangat penting dan juga banyak digunakan secara luas.

Alasan menggunakan jaringan Kabel

Ada beberapa alasan yang mendasari menapa jenis jaringan kabel masih digunakan secara luas untuk kepentingan pembuatan sebuah jaringan. Berikut ini adalah beberapa alasannya :
  • Jaringan kabel bisa menyuplai kebutuhan jaringan di daerah pelosok, yang belum memiliki access point secara wireless
  • Cost untuk membangun jaringan kabel masih jauh lebih murah daripada wireless
  • Jaringan kabel cenderung lebih stabil dalam mentransmisikan data
  • Jaringan kabel juga cenderung tidak terpengaruh cuaca

Kelemahan menggunakan jaringan Kabel

Meskipun saat ini penggunaan kabel jaringan masih banyak digunakan dan sangat populer, namun demikian penggunaan kabel di dalam sebuah jaringan komputer terkadang memiliki beberapa kelamahan, seperti :
  • Membutuhkan jumlah kabel yang banyak untuk suatu jaringan yang luas dan juga besar
  • Penempatan kabel yang harus diperhatikan, agar terhindar dari masalah – masalah kabel, seperti digigit oleh hewan pengerat
  • Terkadang instalasi yang melibatkan banyak kabel sering terlihat tidak rapih, dan berantakan oleh kabel
 
Fungsi Jaringan Kabel


Fungsi dari sebuah jaringan kabell itu sendiri adalah mentransmisikan data yang diperoleh dari server, menuju komputer user atau client dengan mengandalkan konektivitas dari sebuah kabel. Dengan adanya jaringan kabel ini, maka sebuah jaringan bisa dibangun hanya dengan cara mengkoneksikan kabel dengan server, client, dan juga perangkat keras jaringan lainnya.
Tentu saja, penggunaan kabel jaringan harus juga didukung oleh berbagai macam perangkat keras jaringan yang memadai dan juga berkualitas, agar nantinya proses transfer dan transmisi data menjadi lebih baik lagi dan juga tidak mengalmai gangguan.

No comments

Theme images by suprun. Powered by Blogger.